A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Pengkajian Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan di Kota Sukabumi (Study of Protection of Sustainable Food Agricultural Land at City of Sukabumi, West Java)

Oleh : Baba Barus, Khursatul, M, Dyah R. Panuju, Dyah Ita, Yoyoh, M, Nina W.D dan Reni, K. (Tim PSP3). Kerjasama PSP3, LPPM IPB dengan Pemkot Sukabumi, April-September 2013.

Abstrak

Pemerintah Kota Sukabumi berencana menyelamatkan sawah tertentu sebagai lahan pertanian pangan berkelanjutan.  Hal ini jarang ditemukan di Indonesia, karena dari visi kota yang menrah ke jasa, industri perdagangan, dan tidak ada kata pertanian dalam visinya, tentu tidak mudah, tetapi kota ini sudah mencantumkan dalam RTRW-nya akan melindungi sawah seluas 321 ha (dari 1580 ha), yang tentu sejalan dengan UU no 41 tentang perlindungan lahan pertanian berkelanjutan.  Pihak pemkot meminta tim PSP3 mencari lahan seluas tersebut secara ilmiah dan menyarankan peletakannya dalam ruang. Setelah melakukan survei dan pengumpulan data fisik, sosial dan ekonomi (dan didukung data citra resolusi tinggi tahun 2012— lebih baru dari data di Google Earth), dan pengolahan statistis dan spasial dengan SIG. Akhirnya tim berhasil menyerahkan hasil kajian.

Data menunjukkan bahwa dalam perencanaan ruang kota yang sudah ada, juga tidak melakukan upaya perlindungan secara baik, yang disebabkan berbagai hal seperti data tidak akurat, dll. Sehingga pada saat diberikan hasil kajian, pemkot juga menganggap hasil kajian harus dipakai dalam memperbaiki perencanaan ruang. Hal yang unik ditemukan disini adalah kriteria perlindungan sawah dilakukan dengan memasukkan parameter yang jarang dibuat dalam perundangan, yaitu kepentingan banyaknya petani penggarap di kota ini (dengan luasan pemilikan dan garapan yang relatif kecil), dan juga adanya aliran irigasi dan drainase yang membentuk kota ini mempunyai lingkungan yang unik. Berbagai parameter lain seperti produktivitas, keuntungan, hamparan, dan lain-lain sudah dipakai.  Selain itu juga ditemukan masyarakat petani lebih sadar fungsi sawah untuk berbagai tujuan dibandingkan para-pihak lain.  Pada akhir salah satu produk studi adalah diberikan berbagai pilihan penentuan lahan sawah yang perlu diindungi dengan berbagai konsekuensi langkah lanjut yang harus dilakukan (Jika ingin mendapatkan hasil kajian secara lengkap, dapat menghubungi Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Kota Sukabumi atau PSP3, LPPM IPB). Peta_017_A3_LP2B_LCP2B 470

Comments are closed.