A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Karakter Satelit Inderaja yang diperlukan Bangsa Indonesia (Requirement for Indonesian Remote Sensing Satellite)

Oleh : Baba Barus dan BH Trisasongko. Departeman Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, IPB  dan  Ketua Mapin Komisariat Jabodetabek. Materi Nara Sumber yang disampaikan pada Seminar Nasional lnovasi Teknologi Satelit untuk Kemajuan Bangsa,  Diselenggarakan di  TMII, Cibubur, 29 Agustus 2013.  Diselenggarakan Kedeputian Bidang Teknologi Dirgantara, Lapan

Abstrak

Indonesia mempunyai variasi sumberdaya yang  tinggi dan luas, dan sebagian sudah diketahui dan banyak belum dikenali. Sebagian sumberdaya ini sudah dimanfaatkan dan perlu dipantau pemanfaatannya. Untuk mengidentifikasi atau pemantauannya sebagian dapat dilakukan dengan satelit inderaja. Untuk mempercepat proses tersebut maka diperlukan pengembangan inderaja, yang spesifik. Sejauh ini dari data awal di seminar ACRS 2013 Bali, maka teridentifikasi indikasi kemampuan SDM indonesia, dan juga keperluan ke depan, jika dibandingkan dengan kemampuan SDM negara lain.  Berbagai kegiatan yang diperlukan untuk keperluan identifikasi, perencanaan, pemanfaatan dan penelitian dan pendidikan disampaikan pada materi secara padat, yang pada akhirnya menunjukkan kemendesakan pengembangan satelit inderaja yang mandiri.  Beberapa prediksi ciri-ciri resolusi inderaja untuk berbagai komoditas disampaikan (mau melihat atau mengunduh berkas)

Comments are closed.