A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Pemetaan Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG) di Papua dengan Citra Radar Palsar (Mapping of Hydrological Peat Unit at Papua using Palsar Radar)

Oleh : Baba Barus, LS Iman, D. Shiddiq, K. Gandasasmita, Bambang HT, dan tim Asisten di P4W (Reni, Nina, Rani, Agi, Yanti, dll).  Studi dikerjakan atas kerjasama antara Kementrian LH dengan Tim (via PT Waindo Spectra); pada tahun Anggaran 2012.  Saat ini proses finalisasi pekerjaan sedang dilakukan

Ringkasan (Resume)

Kegiatan pemetaan KHG sedang dilakukan di Papua dengan menggunakan citra radar dilakukan mengingat data KHG yang sudah ada di KLH masih bersifat kasar, dan banyak tidak terdeteksi karena dilakukan dengan bantuan citra mutlispektral yang banyak tertutup awan.  Kegiatan ini diawali dengan proses pengolahan citra radar secara digital (pengolahan radiometrik dan geometrik) dengan perangkat lunak indraja. Selanjutnya citra radar  yang sudah jadi bentuk akhirnya, diinterpretasi secara manual (visual) dengan menggunakan data tambahan seperti sungai, tanah gambut (hasil pemetaan gambut berbasis moratorium perizinan), dan juga digital elevation model dengan penggunaan perangkat lunak SIG.  Hasil studi adalah peta KHG dan juga indikasi daerah kubah yang akan diusulkan menjadi kawasan lindung gambut. Kegiatan ini akan ditindak-lanjuti oleh KLH dengan kegiatan identifikasi karakteristik gambut secara detil sehingga ukuran daerah lindung dapat lebih dikuantifikasi.

Comments are closed.