A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Karakteristik Tanah / Lahan Kritis dalam Perspektif Penataan Ruang (Land Degradation in Spatial Planning Perspective)

Oleh Baba Barus, Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan; Ketua PS S2 Mitigasi Bencana Kerusakan lahan, IPB. Disampaikan dalam acara “Bimbingan Teknis Pengendalian Kerusakan Lahan Kritis” . Diselenggarakan BLHD Pemprov Banten, 20-21 November 2012, Hotel dan Resort ”Tri Puri Meru” Cipanas Puncak – Jawa Barat

Ringkasan

Makalah menyajikan definisi lahan kritis dalam perspektif ruang dengan peserta dari staf pemprov di bidang LH dan masyarakat / LSM.  Dalam presentasi disajikan berbagai definisi lahan kritis dan selanjutnya dikaitkan dalam konteks pola pemanfaatan atau peruntukan ruang. Dengan cara ini maka suatu lahan untuk tujuan tertentu kritis sedangkan untuk  tujuan lain menjadi tidak kritis. Selain itu disampaikan tentang proses yang membuat lahan menjadi kritis. Untuk mencegah lahan kritis maka diperlukan upaya sejak dalam perencanaa ruang, dan juga pemanfaatan dan pengendalian ruang. Selain itu disajikan juga beberapa teknis rehabilitasi lahan dengan cepat dan umum dilakukan (Makalah lengkap dalam bentuk pdf, lihat atau unduh)

 

Comments are closed.