A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Strategi Nasional Pengelolaan Lahan Gambut Berkelanjutan (National Strategy for Sustainable Peat Land Management in Indonesia)

Disusun dan diekstrak dari dokumen Draft Stranas oleh K. Gandasasmita dan B. Barus. Disampaikan oleh B. Barus pada Acara Semiloka : “Strategi Nasional Pengelolaan Lahan Gambut Berkelanjutan di Indonesia, IPB ICC, Bogor, 12 Oktober  2012

Abstrak

Materi yang disampaikan merupakan ringkasan Dokumen Strategi Nasional Pengelolaan Lahan Gambut Berkelanjutan, yang dikomandani oleh Kemen LH dengan melibatkan berbagai K/L  dan didukung perguruan tinggi dan LSM.  Esensi dari dokumen bahwa pengelolaan gambut berkelanjutan harus didasarkan pada unit ekosistem gambut yang diidentifikasi dari kesatuan hidrologi gambut (KHG) nyatakan dalam bentuk kawasan  lindung gambut yang terutama terletak di sekitar kubah (KLG) dan kawasan budaya gambut (KBG). Dalam penyiapan kawasan ini maka diperlukan data dan informasi, yang selanjutnya diarahkan supaya mudah diterapkan teknik pengelolaan yang baik di situasi dan komoditas lokal, dan mampu mendorong partisipasi masyarakat. Dari strategis selanjutnya ke pengembangan berbagai program aksi, yang diadopsi dari studi kasus penyusunan rencana induk pengelolaan gambut di Riau dan Kalbar. Dalam penyusunan program aksi variabel utama yang dipakai adalah KHG yang terdiri dari KLG dan KBG, status tutupan lahan dan status penguasaan dan perijinan yang sudah ada (lihat dan atau unduh pdf materi).

Comments are closed.