A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Pemetaan Potensi Konversi Lahan Sawah dalam Kaitan Lahan Pertanian Berkelanjutan dengan Analisis Spasial (Mapping of potential of rice field conversion in relation to sustainability of agricultural land using spatial analysis)

Oleh :  B. Barus1,2, D.R. Panuju1,2, L.S. Iman2, B.H.Trisasongko1,2 , K. Gandasasmita1, dan R. Kusumo1 1)   Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan IPB, 2) Pusat Pengkajian Perencanaan dan Pengembangan Wilayah IPB;  Email : bababarus@yahoo.com; no fax 062-251-8629358

Abstrak

Dalam kaitan dengan ketahanan pangan, Indonesia telah menyusun UU yang terkait dengan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan. Lahan yang perlu dilindungi berdasarkan peraturan ini masih perlu diterjemahkan secara operasional khususnya pada saat menetapkan lahan pangan yang perlu diproteksi. Berbagai kriteria fisik seperti kesesuaian lahan, sarana irigasi, dan kriteria sosial dan ekonomi, yang semuanya terkait dengan isu statis, telah diimplementasikan dalam peraturan tersebut. Namun demikian, kriteria yang bersifat dinamis seperti potensi lahan terkonversi belum diterapkan sebelumnya, padahal isu tersebut merupakan masalah terbesar dalam usaha mempertahankan lahan pangan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung potensi konversi lahan dalam upaya menentukan keputusan penentuan lahan pangan yang perlu dilindungi di Kabupaten Garut. Metode yang digunakan adalah analisis spasial dengan SIG. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya Pemerintah Daerah dalam mengamati perkembangan dinamika lahan sawah mengingat konversi lahan sawah yang ditengarai cukup signifikan.  Hasil analisis juga mengindikasikan kecepatan pencetakan sawah baru yang masih timpang dan lebih rendah dari laju konversinya. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa peranan jalan sangat signifikan dalam konservasi wilayah pesawahan di Kabupaten Garut (lihat dan atau unduh file pdf lengkap).

Kata kunci: konversi lahan, lahan berkelanjutan, Garut

makalah dipublikasi secara resmi dalam Prosiding Seminar dan Kongres HITI X 2011 di Solo; dan dipublikasikan Agustus 2012; ISBN (BUKU 1) : 978‐602‐99713‐2‐3; hal 554-561

Comments are closed.