A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Estimasi Tani Cermat Produksi Padi (Estimation of Paddy Production through Precission Farming in West Java)

Oleh : Ernan Rustiadi, Mahmud A. Raimadoya, Baba Barus, B.H.Trisasongko, Diar Shiddiq, La Ode Syamsul Iman (tim Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor) dengan Muhrizal, S, Sofyan Ritung, M. Hikmat, Wahyu, S. (tim Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian, Bogor). Riset ini sedang berjalan dan materi ini disajikan sebagai poster pada Gelar teknologi dan Diseminasi Hasil Penelitian I-mhere B2c IPB di Karawang, Kerjasama antara IPB dan Kementan

Abstrak

Padi merupakan komoditas pertanian yang menjadi isu nasional dan tolok ukur ketahanan pangan. Dukungan basis data sawah dan padi yang baik akan sangat diperlukan untuk prediksi ketahanan pangan secara akurat dengan proses pemantauan dan pemutakhiran data yang terpantau secara kontinyu sebagai kunci penting dalam melakukan estimasi. Sistem estimasi produksi padi yang ada saat ini sudah dimulai sejak tahun 1970-an, penyempurnaan metode dengan teknologi terbaru terus dilakukan. Sesuai dengan kondisi pada saat dikembangkan, maka sistem estimasi produksi dilakukan berbasis tabel (list frame). Sistem ini telah diketahui memiliki banyak kelemahan, sehingga telah mulai ditinggalkan. Pilihan lain yang diketahui lebih baik dan dapat ditelusuri (diverifikasi) dengan mudah adalah dengan basis spasial (area frame) dengan memanfaatkan tekonologi penginderaan jauh multi sensor (optik dan radar), dimana pendekatan ini cukup representative terhadap kondisi bio-fisik wilayah di Indonesia dengan tingkat ketelitian baik. Pemutakhiran data sawah merupakan faktor kunci yang harus dilakukan, dengan pendekatan utama melalui pemanfaatan teknologi penginderaan jauh dan survei lapangan. Kombinasi teknik dan prosedur baku yang terukur dan mudah dievaluasi pada tahapan pemutakhiran data menjadi salah satu point penting. Kajian estimasi tani cermat produksi padi bertujuan untuk identifikasi fase pertumbuhan, penghitungan luas tanam/panen dan estimasi prduktivitas. Hasil kajian  saat ini baru sampai pada tahap pemetaan petak sawah baku dan identifikasi fase pertumbuhan padi. Proses verifikasi dan pemutakhiran data dengan survey lapang yang dilaksanakan dengan memanfaatkan mahasiswa KKP memberikan peluang yang lebih luas dan efisien dalam perolehan data aktual, data training set dan sampling test. Hasil analisis EVI dari data MODIS dapat menunjukkan bahwa data deret waktu yang disajikan dalam plot dapat dimanfaatkan untuk menelaah pola rotasi penanaman secara kualitatif (lihat dan atau unduh poster lengkap pdf) .

 Kata Kunci : petak sawah, synthetic aperture radar, estimasi produksi, fase pertumbuhan, mahasiswa KKP

 

field work map

 

 

Comments are closed.