A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Trend Kebutuhan Data Satelit untuk Mendukung Ketersediaan Pangan Nasional (Trend of Satellite data to support National Food Availability in Indonesia)

Oleh : Dr Baba Barus, Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, IPB; Pusat Pengkajian  Perencanaan dan Pengembangan Wilayah (P4W), IPB; Ketua Mapin Jabodetabek, Jl Pajajaran, Bogor ,  Email : bababarus@yahoo.com; bbarus@ipb.ac.id; Makalah disampaikan pada  Workshop Roadmap Teknologi Satelit di Indonesia, Hotel Bidakara Jakarta, 10 Juli 2012

Abstrak

Di Indonesia pangan merupakan komoditas strategis yang bersifat nasional dan/atau lokal. Saat ini ada beberapa isu sentral terkait dengan data luas baku, konversi lahan dan prediksi pangan. Untuk ketiga aspek ini peranan data satelit dianggap penting, yang bisa ersifat multi-flatform, multispektral, multiresolusi, dan lainnya. Di Indonesia sudah ada kebijakan umum terkait dengan data spasial dan juga relevan untuk data spasial pangan seperti padi, sagu, dan lainnya. Penggunaan satelit saat ini sudah bersifat industri khususnya untuk data padi melalui citra resolusi tinggi. Selain itu kebutuhan juga terkait dengan dengan penggunaan citra satelit untuk aspek yang spesifik yang belum bersifat masal dikerjakan seperti untuk sagu, jagung, ubukayu, dll. Berbagai bentuk kebutuhan ini salah satunya sangat ditentukan oleh adanya kebijakan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan, yang perlu diwujudkan dalam perencanaan ruang.  Berbagai permasalahan dan kemajuan, dan kecenderungan perlunya citra satelit pangan disajikan dalam bahan penyajian ini (file pdf  lengkap lihat dan atau unduh).

Comments are closed.