A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Mapping of Sugarcane for New Planting Farm and Seed Farm in The East Java Province (Pembuatan Peta Bongkar Ratoon dan Kebun Bibit Tebu di Provinsi Jawa Timur)

Oleh: B. Barus, E. Rustiadi, K.Munibah, Manijo, D. Shiddiq, dan R. Kusumo dan Mia Ermyanyla. Kerjasama antara Satuan kerja Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur dengan P4W, LPPM, IPB pada tahun tahun 2006 dan 2007. Laporan dan peta digital dapat diperoleh ke pihak Dinas perkebunan Jatim atau dapat diminta ke P4W setelah dapat ijin dari pihak Disbun Jatim.

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui realisasi dan mendapatkan informasi mengenai karakteristik potensi pembibitan pada setiap jenjang Kebun Bibit Pokok (KBP), Kebun Bibit Nenek (KBN), Kebun Bibit Induk (KBI) dan Kebun Bibit Datar (KBD)  yang diselenggarakan dalam kegiatan program akselerasi peningkatan produksi gula nasional di Jawa timur pada tahun anggaran 2006-2007. Informasi berupa kompilasi data pada hakekatnya digunakan untuk membantu para pengelola kegiatan program untuk menyusun perencanaan pelaksanaan kebutuhan bahan tanam dalam pelaksanaan penanaman pasca bongkaran ratoon, dengan harapan hasil yang diperoleh dapat maksimal.

Penyusunan peta tematik lokasi kebun bibit tahun dilaksanakan dengan menggunakan perangkat (tool) SIG. Pengumpulan data koordinat rupa bumi dari lokasi di lapangan yang dilakukan oleh pemilik kebun tebu sendiri dengan menggunakan pengukuran alat Global Positioning System (GPS), sehingga akurasi letak, tata lokasi dan bentuk kebun mencerminkan kondisi prototif yang sesungguhnya di lapangan. Para pemilik kebun tebu dilatih terlebih dahulu dalam menggunakan GPS dan sketsa, yang dikirim ke tim P4W, LPPM IPB.

Hasil kegiatan ini berisi mengenai potensi dan permasalahan yang berkaitan dengan pemetaan bongkar ratoon kebun bibit tebu, ketersediaan dan pemanfaatan data yang dapat dijadikan bahan untuk pengembangan sistem informasi, serta saran-saran perbaikan data ke depan. Dokumen peta dibuat secara terpisah dari laporan dalam bentuk cetakan dan dijital. Untuk tahun 2007, data cetakan dibuat dalam ukuran A3 (1 salinan) dan A4 (4 salinan) dengan jumlah persil bongkar ratoon dan kebun bibit sebanyak 12.756 peta persil atau total adalah 51.024 (lima puluh satu ribu dua puluh empat peta). Sedangkan data dijital disimpan dalam cakram penyimpan terpisah (external harddisk) (sedangkan data tahun 2006 dibuat dengan jumlah yang lebih banyak).

Kata kunci: sucarcane farm, seedling farm, database, GIS, participatory mapping

 

 

 

 

Comments are closed.