A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

FGD: Penyusunan Pedoman Inventarisasi Karakteristik Ekosistem Gambut (FGD : Development of Guidance for Inventarisation of Peat Ecosystem Characteristics)

Diskusi antara Tim KLH/ Ministry of Environment (Hermono Sigit, Muslihudin, Huda Achsani, Derta Wijaya), Tim IPB (Komarsa G, Baba Barus, Hermanu Wijaya), Tim Kementan / Ministry of Agriculture (Kusumo Nugroho),  di Hotel Sahira, Bogor,  Jum’at, 30 Maret 2012

Pada pertemuan ini disusun draft Pedoman Inventarisasi Karakteristik Ekosistem Gambut, yang secara substansi terdiri dari a) penentuan  KHG (Kesatuan Hidrologis Gambut, sudah ada pedomannya dan juga petanya, dan KLG (Kawasan Lindung Gambut, sedang akan dibuat), b) penentuan kondisi KHG, dan c) arahan program (yang memasukkan komponen fisik dan juga kelembagaan-status). Penentuan KHG dan KLG dilakukan dengan menggunakan KHG yang sudah dibuat oleh KLH dan untuk KLG dilakukan dengan proses interpretasi citra satelit dan data pendukung dan selanjutnya didukung dengan data lapang tentang karakater gambut, al. Kedalaman gambut, sedimen di bawah, hidrotopografi (juga akan dipertimbangkan tipe luapan), elevasi relatif, tutupan tajuk, serta flora dan fauna.   Data KLG dan KLG selanjutnya dievaluasi kondisi kerusakannya dengan melihat tutupan, dan sifat lainnya. Pada akhirnya, kawasan berfungsi lindung yang rusak pada status kawasan tertentu akan diberikan rekomendasi program tertentu.  Dalam pedoman ini juga akan disusun contoh penentuan KLG di dalam KHG, perhitungan KLG dan programnya.

Comments are closed.