A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Raker Penyusunan Pedoman Pengukuran Emisi Karbon dari Lahan Gambut Indonesia (FGD : Development of Guidance for Measuring of Carbon Emission from Indonesian Peat Land).

Oleh : Tim KLH (Hermono S, Muklishudin, Huda, Derta, Eko dan Srihastuti dengan Tim IPB, Nara Sumber (Komarsa, G, Basuki Sumawinata, Baba Barus, dan Hermanu Wijaya), 15-16 Maret 2012 di Hotel Mirah, Bogor

Ringkasan pertemuan

Selama dua hari tim berdiskusi dan menyusun konsep pedoman pengukuran emisi karbon dari lahan gambut. Beberapa prinsip penting yang didiskusikan adalah tentang cara penetapan sampel lokasi, cara mengambil dan membawa tanah gambut, cara mengukur biomassa vegetasi di permukaan, dan cara membawa bahan ke lab untuk dianalisis dan juga alat yang dipakai. Selanjutnya disusun berbagai pendekatan pengukuran yang sudah ada dengan kelemahannya, dan disampaikan disusun rekomendasi yang dibuat, khususnya dengan melakukan penentuan kandungan karbon yang ada di lahan gambut pada waktu (T0), dan dilakukan lagi pengukuran pada pada yang akan datang (T1) dan dibuat neraca. Perbedaan ini lebih mudah diukur dibandingkan dengan penentuan emisi secara langsung yang mempunyai banyak pendekatan. Hasil pengukuran ini selanjutnya diletakkan dalam unit ruang tertentu, yaitu kesatuan hidrologis gambut (kesatuan ekosistem gambut, yang sedang difinalkan RPP-nya). Dalam pedoman yang sedang disusun ini juga dibuat contoh perhitungan dari metode yang direkomendasikan. Finalisasi penyusunan masih akan dilakukan pada beberapa waktu yad.

Kata kunci: Emisi karbon, pengambilan sampel, pengukuran emisi, neraca stok karbon, kesatuan hidrologis gambut

Comments are closed.