A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

SIG untuk pertanian

oleh Baba Barus

diberikan pada Pelatihan GIS untuk Pemetaan Sawah, 10-19 Agustus 2011, untuk staf Kementan, Diren PSP, di Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, IPB

Materi menekankan tentang definisi SIG, penggunaan SIG di pertanian secara umum dan khusus untuk pangan. Penggunaan SIG diarahkan untuk keperluan operasional, taktis dan strategis.  Penggunaan SIG untuk operasional banyak dilakukan di perkebunan khususnya di Perkebunan Kelapa sawit, khususnya untuk pertanian cermat (precission farming), seperti keperluan pemupukan rutin, pengendalian hama dan penyakit dan lainnya yang dilakukan berbasis blok atau pohon. Sedangkan untuk keperluan taktis akan diarahkan untuk penanaman kembali pada lokasi tertentu dan evaluasi produktivitas, dan untuk strategis adalah pengembangan dan ekstensi lokasi, atau dapat juga dikaitkan dengan lingkungan atau perkembangan komoditas lain atau yang sama di wilayah lain.  Berbagai pengalaman dalam penggunaan SIG untuk pekerjaan pemetaan perkebunan maupun dalam kaitan dengan pemetaan sawah dan berbagai permasalahannya disampaikan pada materi kuliah pendahuluan.

abstrak: GIS, pertanian, perkebunan, lahan sawah, perencanaan

 

 

 

Comments are closed.