A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Naskah Akademis Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan di Kabupaten Bogor

Oleh : Lala M. Kolopaking (Kepala PSP3, IPB) dan Baba Barus (Direktur Riset P4W, IPB)

Kerjasama antara PSP3, LPPM IPB  dengan Dinas Pertanian dan Kehutanan, Kabupaten Bogor (dipresentasikan di Distanhut, Kabupaten Bogor tgl 24 Januari 2012)

 

Abstrak

Masalah pangan saat ini sering dikaitkan dengan keperluan lahan pertanian yang saat ini terancam oleh kerusakan lingkungan dan konversi lahan. Hal ini juga terjadi di Kabupaten Bogor, yang secara total lahan sawahnya relatif terbatas jika dibandingkan dengan kebutuhan untuk mendukung kebutuhan pangan penduduknya.  Sesuai dengan posisinya lahan sawah di Kabupaten Bogor sangat berpotensi menghadapi konversi ke penggunaan lain. Oleh karena itu diperlukan perlindungan lahan tertentu selain karena adanya amanah dari perundangan dan pemerintah, juga karena sebagian masyarakatnya masih tergantung  pada lahan sawah.  Naskah ini mengalisis pentingnya lahan sawah dan skenario tahapan yang diperlukan untuk melindunginya.

Dokumen merekomendasikan langkah-langkah atau peta jalan yang diperlukan mulai dari keperluan adanya data akurat sehingga diperlukan pemetaan secara utuh terkait dengan biofisik dan sosial dan ekonomi terkait dengan sawah dan manusianya. Aspek manusia yang spesifik perlu dipahami adalah aspek penguasaan dan pemilikan.  Selanjutnya diperlukan penyusunan usaha untuk memajukan dan mempertahankan lahan sawah dan dijadikan kebijakan, selanjutnya pengembangan sistem informasi dan dijadikan peraturan daerah. Pada tahapan ini diperlukan juga analisis terkait dengan usaha membentuk sentra produksi dan diarahkan ke usaha yang bersifat komersial.

Kata kunci: Konversi lahan sawah, perlindungan lahan, peta jalan, pemetaan lahan, penguasaan dan pemilikan

 

 

Comments are closed.