A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Studi Tutupan Hutan Dataran Rendah dan Lahan Basah Memanfaatkan Citra ALOS PALSAR K&C-50

Oleh : La Ode Syamsul Iman1, Bambang H. Trisasongko1,2, Diar Shiddiq1, Baba Barus1,2, Dyah R. Panuju1,2,Gusmaini Chaniago1

 1Divisi Sistem Informasi Wilayah, P4W-LPPM, Institut Pertanian Bogor. Jalan Pajajaran, Bogor 16143. e-mail: odesyam74@gmail.com

2Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Institut Pertanian Bogor. Jalan Meranti, Bogor 16680

Tulisan ini merupakan working paper di P4W LLPM, IPB, terbitan 2012

 

Abstract

Advanced Land Observing Satellite (ALOS) merupakan salah satu satelit yang banyak ditelaah saat ini walaupun telah tidak difungsikan lagi. Salah satu sensor yang penting untuk Indonesia adalah Phased-Array L-band Synthetic Aperture Radar (PALSAR) yang merupakan sensor aktif dan dapat beroperasi di hampir sebarang kondisi cuaca dan atmosfer. Tingginya liputan awan sepanjang tahun di banyak wilayah Indonesia menunjukkan pentingnya penguasaan analisis data SAR untuk berbagai keperluan.

Salah satu sumberdaya penting yang perlu dikelola dengan baik adalah hutan, terutama hutan dataran rendah dan kawasan lahan basah. Wilayah ini sangat rentan terhadap konversi lahan terutama untuk pengusahaan perkebunan. Propinsi Riau merupakan salah satu provinsi dengan kecepatan perubahan penggunaan lahan tertinggi di Indonesia. Secara umum, lokasi dengan tutupan lahan hutan dataran rendah dan lahan basah semakin terbatas. Salah satu wilayah yang penting dipertahankan adalah Pulau Rupat yang juga strategis mengingat lokasinya yang berdekatan dengan Malaysia.

Penelitian ini menunjukkan bahwa data PALSAR Kyoto & Carbon (K&C) yang diperoleh gratis dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) dapat dimanfaatkan untuk perolehan data tutupan lahan hutan pada skala tinjau. Citra ini juga ditunjukkan bermanfaat untuk deteksi wilayah lahan basah utamanya mangrove yang berlokasi di wilayah pantai dan sekitar sungai pada dataran rendah.

Kata kunci: ALOS, PALSAR K&C, hutan dataran rendah, lahan basah, mangrove, klasifikasi berbasis pengetahuan, Rupat

Comments are closed.