A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Sistem Database Sungai Kota Banjarmasin

Oleh :  Suriadarma Tarigan, Baba Barus, Agus Priyono, Manijo, Reni Kusumo (Kerjasama antara Dinas Pengelolaan Sungai dan Drainase Kota Banjarmasin dengan P4W LPPM, 2009)

 Ringkasan

Kota Banjarmasin merupakan kota sungai dan saat ini pemerintah kota ingin mengelola sungai dan drainase tersebut. Saat ini keberadaan sungai dan drainase sudah mulai terganggu dengan banyaknya pemukiman yang masuk ke sungai atau drainase, banyaknya sampah di saluran , dan saat ini peran sungai sudah berkurang, yang dulunya merupakan ciri khas kota ini.  Untuk keperluan pengelolaan yang baik, maka pemerintah kota Banjarmasin, memerlukan database, dan juga hendaknya bersifat akurat dan riel, dengan menggunakan teknologi informasi spasial; dan juga sistem informasi.

Kerjasama dilakukan pada Mei – Juli 2009.  Metode pelaksanaan pekerjaan dilakukan dengan kegiatan interpretasi citra Quickbird 2006 dan 2009, dan dilakukan pengumpulan data lapang pada sejumlah titik dan ditambah dengan berbagai data lain yang berasal dari instansi terkait. Data ini selanjutnya dibuat ke dalam sistem database perangkat lunak publik (open source system); yaitu PostGress dan PostGIS.

Hasil kegiatan ini adalah data dan sistem database sungai. Data terdiri dari data citra satelit QB 2006 dan 2009,  data sungai dan drainase, dan data kantong air.  Data sungai-drainase dan kantong air secara bersamaan juga dipakai untuk keperluan penyusunan revisi rencana tata ruang kota. Data sungai-drainase yang ada dalam sistem database adalah geometri, status, keberadaan sungai, yang mencakup panjang, lebar, riparian, salinita, kekeruhan, dan lainnya.

Sistem database sungai yang dibuat mengarah ke sistem informasi sehingga pengguna langsung dapat melakukan proses penarian data yang standar seperti nama, kelas sungai, panjang sungai, atau yang lebih detil pada segmen tertentu, sehingga berbagai sifatnya dapat diketahui. Pencarian yang lebih kompleks misalnya adalah menari sungai dengan ukuran tertentu dan kondisi lingkungannya. Database sungai ini selain dapat dimunculkan dalam perangkat lunak publik tersebut, juga dibuat dalam format yang dikenal dalam sistem informasi geografis yang umum karena data spasial dibuat juga dalam format non-topologi (format shp).

Kata kunci :Database sungai, kota Banjarmasin, citra satelit, kantong air, perangkat lunak publik

Comments are closed.