A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Pengembangan Sistem Informasi Perkebunan (SCIBUN) menggunakan Free Open Source Software (FOSS)

Oleh : Hari Agung1, Baba Barus2, Diar Shiddiq2, Bambang H Trisasongko2, La Ode Syamsul Iman2, Auriza Akbar1

1)        Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB  – agung@ipb.ac.id 2)  Pusat Pengkajian Perencanaan dan Pengembangan Wilayah (P4W) IPB

Disajikan dalam Seminar Nasional Sains 3, IPB, 2011 (prosiding sedang dibuat)

 Abstrak

Dari total ekspor komoditi perkebunan yang memberikan nilai sebesar US$ 10,9 milyar, sekitar 70% berasal dari ekspor komoditas kelapa sawit, karet dan kakao. Untuk membantu mengembangkan ketiga komoditas tersebut perlu disediakan sebuah sarana penyimpanan data perkebunan serta data yang berkaitan dengan informasi profil industri primer. Oleh karena itu penelitian ini mengembangkan sistem informasi perkebunan (SCIBUN) untuk menyediakan suatu antarmuka aplikasi berbasis web sehingga pengguna dapat mengaksesnya dengan cepat dan mudah. Fasilitas yang tersedia pada SCIBUN adalah komparasi luasan hasil survey dengan buku statistik perkebunan Indonesia,  katalog berkas, pemetaan perkebunan dan industri, serta profil industri.

Data lokasi perkebunan didapatkan dari hasil interpretasi citra optik ALOS AVNIR-2 dan  ALOS PALSAR (L-band) fully polarimetric serta verifikasi lapang. SCIBUN dikembangkan menggunakan perangkat lunak bebas terbuka (Free Open Source Software) diantaranya sistem operasi Debian GNU/Linux 6.0  kernel 2.6.32-5-amd64, sistem manajemen basisdata PostgreSQL 8.4.7, modul basisdata spasial  PostGIS 1.5.1, web server Apache 2.2.16, bahasa pemrograman PHP 5.3.3, modul webgis MapServer 5.6.5 dan TileCache 2.03. 1.  Untuk meningkatkan kinerja sistem dilakukan beberapa langkah tuning yaitu scale-up server PostgreSQL dan Apache sesuai dengan jumlah RAM server, instalasi APC sebagai opcode dan data cache bagi PHP,  Implementasi level of detail (LOD) pada  mapfile serta  penerapan indeks GiST pada kolom geometri PostGIS.

Keyword : WebGIS, Komoditas Perkebunan, Free Open Source Software

Comments are closed.